class="post-template-default single single-post postid-2234 single-format-standard">

Ari Gunawan Tantaka,SH “Apa Yang Saya Lakukan Ada Pertanggung Jawabannya Di Hadapan Allah “

Sabtu, 15 September 2018 | 11:07 am | 9042 Views
” Kesempatan Bukanlah Hal Yang Kebetulan Kita Harus Selalu Menciptakan, Dalam Menjalani Hidup  Kita  Selalu Di Hadapkan Dengan Berbagai Pilihan, Baik Pilihan Yang Mudah Atau Pun Pilihan Yang Sulit Bahkan Mungkin Membutuhkan Pengorbanan Salah Satunya Menentukan Impian “

 

 

Ketika Mendengar Nama Ari Gunawan Tantaka,SH mungkin tidak lah asing di beberapa kabupaten di Provinsi Lampung, terutama di kalangan aktivis HMI  Provinsi Lampung lelaki yang kesehariannya dipanggil Bung Ari  ini merupakan ikon pembaruan pemikiran di Beberapa Kabupaten Terutama  Lampung utara Di setiap langkahnya ia selalu mengusung Label  Himpunan Mahasiswa Islam di Indonesia di Mana pun keberadaanya.

 

Gagasan Pemikiran  dalam membangun daerah telah menempatkannya sebagai intelektual muslim yang patut di perhitungkan. Terlebih di saat  Kabupaten Lampung Utara dikala itu sedang terjerumus di dalam berbagai kemorosotan Pembangunan Daerah terlebih Namanya sempat mencuat sebagai sebagai tokoh menyandang  Ketua Cabang HMI Cabang Kabupaten Lampung Utara.

mengawali kisahnya Bung Ari Gunawan Tantaka  menceritakan bahwa beliau lahir dan dibesarkan di lingkungan keluarga sederhana  di  perkampungan kecil,  bernama sumur bandung, Kota Metro, Provinsi Lampung , pada 23 Februari . ayahnya bernama A.Syani, dan Sang ibunda bernama Ati Haryani

 

Saat internlampung.news.com menanyakan cita-cita seorang Ari Gunawan Tantaka,SH,.semasa kecil beliau sempat tertawa yang kemudian menceritakan sekelumit cerita masa kecilnya “ sewaktu saya kecil  saya bercita-cita menjadi Seorang tentara .

 

Ketika duduk di bangku kuliah tepatnya di STIH-M Kotabumi saya mengenal HMI hingga sampai saat ini saya tetap berjuang sebagai Kader HMI yang membawa gerbong Keadilan  bangsa. Sebab menjadi  Aktivis yang memperjuangkan hak rakyat  adalah pilihan yang menurut saya adalah harga mati “ tegasnya

 

Ari Gunawan Tantaka,SH,. muda ternyata telah terbiasa hidup di tengah keluarga yang lebih kental membicarakan soal keharmonisan dalam berkeluarga dalam bermasyarakat serta tegas dalam mengambil keputusan bersikap .

 

Setelah menyelesaikan Kesarjanaan di Fakultas hukum  beliau sempat  bergabung  dalam kongres Advokat Indonesia Provinsi Lampung yang di ketuai  oleh Agus Susanto,SH,MH,. Seiring waktu tertanam sebuah keinginan di dalam benak pemikiran bung Ari, ia memiliki keyakinan bahwa untuk merubah sebuah tatanan masyarakat kearah yang lebih baik dirinya harus membaur dengan masyarakat sehingga hal tersebut  membangkitkan Kesadaran politik Ari Gunawan tantaka  muda .

 

Dunia Politik Bukan Hal yang aneh menurutnya sebab Politik praktis mulai dikenalnya saat menjadi mahasiswa. Ia terpilih sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Kabupaten Lampung Utara , Pengalamannya bertambah saat menjadi Sekertaris Umum KAHMI Kabupaten Lampung Utara.

 

Dalam menuangkan Pemikirannya Ari Gunawan  Tantaka selalu menggambarkan dalam bentuk tulisan ,dengan Hobi menulisnya itu disebarkan luaskan secara berkala di tabloid Mimbar Demokrasi, yang diterbitkan oleh Beberapa media cetak Harian Dan Mingguan hal inilah yang menjadikan dirinya menjadi lebih Populer .

Ari  Gunawn Tantaka merupakan ikon pembaruan pemikiran dan gerakan Himpunan Mahasiswa  Islam di era zamannya. Gagasannya tentang  Paradigma pembangunan telah menempatkannya sebagai intelektual  inspirator, terlebih di saat Masyarakat sedang terjerumus di dalam berbagai kemorosotan ekonomi, kesejahteraan, Kemananan,dan ancaman disintegrasi di tengah masyarakat.

 

Pada tahun 2011 saat suksesi pemilihan kepala daerah bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat  Ari Gunawan Tantaka di tunjuk oleh Pasangan Bupati dan Wakil bupati Bapak Backhtiar Basri dan Bapak Umar Ahmad  menjadi LO Pemenangan yang sejak saat itulah  Untuk menyuarakan apa yang menjadi aspirasi masyarakat luas Ari Gunawan Tantaka  terjun dalam dunia politik Kabupaten Tulang Bawang Barat.

 

Niat yang tulus serta di barengi kemampuan dan kepercayaan beliau bergabung  kepartai Demokrat . Di bawah Naungan Partai berlambang Mercy ini beliau di daulat memegang jabatan sebagai  Sekretaris DPC Partai Demokrat Tuba Barat. tidak hanya sampai disitu saja seorang ari gunawan tantaka pun pada tahun 2012 di percaya sebagai Staf Ahli Fraksi Bersatu DPRD Kabupaten tulang Bawang Barat.

 

Darah Aktivis yang mengalir di dalam jiwa seorang Ari Gunawan Tantaka bukan hanya menjadikan dirinya menjadi seorang politisi.

 

Dalam perjalan karirnya ia juga membuktikan bahwa di dalam dirinya selalu tertanam pemikiran untuk selalu memajukan masyarakat dalam hal pembangunan kabupaten Tulang Bawang Barat, sehingga  Pada  tahun 2015 beliau diangkat menjadi Wakil Ketua Gabpeknas Tubaba 2015-2018.

 

Dengan jabatannya sebagai Wakil ketua Gapeknas Kabupaten Tulang Bawang Barat tidak membuat dirinya puas untuk membaur ditengah masyarakat Pada 2014  beliau mengundurkan diri dunia partai politik yang kemudian dirinya memutukan bergabung dalam program kementrian desa menjadi salah seorang tenaga Pendamping desa pada tahun 2015-2017.

 

Pasang surut karir yang di jalani Ari Gunawan Tantaka memang bukan perkara gampang tapi semua kesulitan dilaluinya dengan kesabaran dan penuh keiklasan, sebab Bung Ari Selalu menanam kan apa yang di lakukan semata untuk mengabdi kepada bangsa dan Negara serta dekat dengan masyarakat, kesabaran atas pahit dan kesulitan itu lah yang kemudian menghantarkan dirinya menjadi Tenaga Ahli Kemendes PDTT 2017-2018.

 

Lebih Lanjut Ari Gunawan tantaka menceritakan kepada internlampungnews.com bahwa pada tahun 2017  saya telah mengundurkan diri sebagai Tenaga Ahli Kemendes PDTT 2017-2018. “ saya mendapat panggilan jiwa untuk maju dalam ajang pemilihan Calon legeslatif melalui partai Demokrat, ya saya mohon doa restu serta dukungan masyarakat  dalam pilcaleg 2019 yang akan datang semoga apa yang jadi amanah nantinya dapat saya laksanakan sebaik baiknya “ pungkas bapak dua anak ini.

 

Ketika internlampungnews.com menanyakan siapakah yang berjasa dalam karir nya selama ini ia menegaskan  “ pertama saya mengucapkan Terimakasih kepada kedua orang, mertua, anak dan istri saya yang telah mendoakan saya mendampingi saya. Kedua saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Slamet Haryadi,SH.M.Hum, Bapak Bachtiar Basri,SH.MH, Bapak Umar Ahmad,SP dan Bapak BUSRONI,SH yang telah mengayomi membimbing saya selama ini ‘ tutupnya. (TIM)

 

 

 

 

PERJALAN RIWAYAT HIDUP TOKOH DAN PROFIL

 

Nama lengkap   :  ARI GUNAWAN TANTAKA, S.H

Nama Istri          :  ADE APRILIYANA,S.Pd.I

Nama Anak        : M Archad Al Fahri Tantaka Dan GhafarAlmair Tantaka

Alamat                 :  Desa Karta Sari RT / RW 001/001 KecamatanTulang   

                                  Bawang udik Kabupaten Tulang Bawang Barat

 

RIWAYAT PENDIDIKAN                           

1. SDN 1 Metro  Lulus Tahun 1991

2.SMPN 1 Kotabumi Lulus Tahun 1994

3.SMKN 2 Kotabumi Lulus tahun 1998

4.S 1 STIH-M Kotabumi Lulus Tahun 2005

 

 

KURSUS DAN DIKLAT YANG PERNAH DI IKUTI              

  1. Pendidikan Profesi Advokat IPHI PERADI Bandar  Lampung Tahun 2005
  2. Pendidikan Profesi Advokat DPD KAI Lampung Tahun 2008

 

 

 

RIWAYAT PENGALAMAN ORGANISASI     

  1. Ketua Komisariat HMI STIH-M Tahun 2001-2002
  2. BEM STIH-M Kotabumi Tahun 2002-2004
  3. Sekretaris MAPALA STIH-M Tahun 2003-2004
  4. Ketua Kekaryaan HMI Cabang Kotabumi Tahun 2003
  5. Ketua Umum HMI Cabang Kotabumi Tahun 2004-2005
  6. Humanika Lampung Utara 2004-2005
  7. Sekretaris Umum KAHMI Lampung Utara 2010 -2015
  8. Wakil Ketua DPD KNPI Lampung Utara 2011-2014
  9. i. Sekretaris DPC Partai Demokrat Tuba Barat 2011-2015
  10. Wakil Ketua Gabpeknas Tubaba 2015-2018

 

 

RIWAYAT PEKERJAAN                           

  1.  Staf LBH STIH-M Kotabumi 2002-2004
  2. Staf Akademik STIH-M Kotabumi 2002-2010
  3. Sekretaris LBH STIH-M Kotabumi Tahun 2008-2010
  4. Advokat Law Office Tahun 2008 s/d Sekarang
  5. Staf Ahli Fraksi Bersatu DPRD Tuba Barat 2012
  6. Pendamping Desa 2015-2017
  7. Tenaga Ahli Kemendes PDTT 2017-2018

Related Post

Leave a Reply

linked in share button