PUBLIKASIKAN REFLEKSI KINERJA AKHIR TAHUN ” BERANI LAPORKAN PELANGGARAN BAWASLU BANDAR LAMPUNG SIAP BERIKAN REWARD KEPADA WARGA “

Sabtu, 5 Januari 2019 | 2:45 pm | 5635 Views

 

internlampungnews.com – Bandarlampung, Kinerja bawaslu beserta element di tingkat kecamatan pada sejak masa di lantiknya pada tahun 2018 hingga saat ini mendapat pujian dari masyarakat Bandarlampung sehingga banyak element masyarakat bandar lampung mengatakan bahwa kinerja Bawaslu kota bandar lampung patut mendapat acungan jempol.

 

 

Menariknya sebagai bentuk keseriusan pihak Bawaslu kota Bandarlampung akan memberikan Hadiah atau Reward kepada warga Kota Bandarlampung yang menemukan pelanggaran dengan alat bukti kuat dan berani melaporkan kepihak Bawaslu Kota Bandarlampung hal ini terkuak dari ungkapan Candrawansyah,Si.Kom.

 

Hingga saat ini lembaga pengawas pemilu sejak Bawaslu Kota Bandar Lampung pada periode Agustus – Desember 2018 telah meregistrasi 5 Kasus Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu.

 

Terdiri dari 3 Temuan Pengawas Pemilu dan 2 Laporan Masyarakat dengan Rincian 4 Dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu dan 2 Dugaan Pelanggaran lainnya, dalam hal ini terdapat 1 kasus dengan 2 dugaan pelanggaran.

 

Bawaslu Kota Bandar Lampung menemukan 2 dugaan pelanggaran Administratif Pemilu di Daerah Pemilihan 1 Kota Bandar Lampung yang selanjutnya diteruskan ke Bawaslu Provinsi Lampung yang selanjutnya dilakukan proses sidang administratif.

 

Bawaslu Kota Bandar Lampung juga melakukan proses sidang untuk 2 Temuan Pelanggaran Administratif Pemilu di Daerah Pemilihan (Tanjung Senang, Sukabumi dan Sukarame) dan Daerah Pemilihan 5 (Panjang, Bumiwaras, Kedamaian) yang ditemukan oleh Panwaslu Kecamatan.

Di tingkat kecamatan, pada periode Agustus – Desember 2018 meregistrasi 10 Kasus Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu yang terdiri dari 0 Laporan Masyarakat dan 10 Temuan Panwaslu Kecamatan dengan Rincian 10 Dugaan Pelanggaran Administrasi.

 

Saat di hubungi internlampungnews.com terkait gresprogram kedepan Ketua Bawaslu Kota Bandar lampung Candrawansyah mengatakan ” tentu sudah ada tetapi masih dalam pembahasan kajian sesuai dengan aturan dan tahapan, saya sangat apresiasi dengan kinerja Panwascam se- Kota Bandar lampung yang hingga saat ini yang telah bekerja sepenuh hati dalam melakukan pengawasan” Ucap ujung tombak Bawaslu Kota Bandarlampung yang akrab di panggil Bang Ican ini.

 

Lebih lanjut Bang ican menyebutkan” untuk memaksimalkan kinerja selain pihak panwascam dan perangkatnya dalam melaksanakan tugas, Bawaslu juga banyak melakukan kerjasama dengan Masyarakat tentunya, sebagai bentuk keseriusan kami atas laporan kerjasama masyarakat untuk mewujudkan pemilu damai pemilu bersih pihak kami pihak Bawaslu akan memberikan Reward kepada warga yang melaporkan dengan alat bukti dan pembuktian yang kuat, tetapi apa bentuknya belum bisa di sebutkan masih dalam bahasan ” Ujar Ican.

 

Dalam kesempatan yang sama di tegaskan pula oleh Yahnu Wiguno Divisi Penindakan Dan Pelanggaran menyebutkan bahwa “kami telah publikasikan hal itu bukan berarti memiliki tendensi tetapi tujuannya untuk refleksi akhir tahun kegiatan kami.

 

Dipublikasikannya catatan akhir tahun tersebut sebagai bentuk keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Bandar Lampung. Ke depan, Bawaslu Kota Bandar Lampung secara kontinu akan terus menindaklanjuti segala bentuk temuan/laporan dari masyarakat terkait dengan adanya dugaan pelanggaran Pemilu yang terjadi di Kota Bandar Lampung karena hal tersebut merupakan amanah dari Undang-Undang 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

 

Harapannya adalah sudah barang tentu, agar para peserta pemilu lebih memperhatikan dan mentaati aturan yang ada, sekalipun persaingan yang terjadi akan lebih kompetitif namun suasana dan kondisi yang kondusif, aman, dan damai tetap dapat diwujudkan ” Ungkap Yahnu. (intern1)

Related Post

Leave a Reply

linked in share button