class="post-template-default single single-post postid-4098 single-format-standard">

Selain Kuliah Gratis, Pemprov Lampung juga Rencankan Subsidi Pupuk bagi Petani

Selasa, 2 Juli 2019 | 4:05 am | 1057 Views

internlampungnews.com,Bandarlampung – Kabar gembira bagi anak-anak petani di Sai Bumi Ruwa Jurai. Pemerintah Provinsi  Lampung akan memberikan beasiswa kuliah melalui Kartu Petani Berjaya yang rencananya diluncurkan Agustus mendatang.

 

Kartu Petani Berjaya ini merupakan salah satu program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim.

Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto mengatakan dengan Kartu Petani Berjaya, para petani di Lampung nantinya akan mendapatkan kemudahan soal pupuk dan bibit.

 

Tidak cuma itu, anak-anak petani pun akan diberikan beasiswa untuk kuliah.

Fahrizal mengungkapkan setiap tahun Pemprov Lampung akan memberikan kuota bagi anak-anak petani yang akan memperoleh beasiswa.

 

“Jadi dalam satu tahun itu kita punya kuota. Misalkan saja kuotanya 50, nanti kita tentukan siapa saja,” kata Fahrizal, usai rapat koordinasi di Gedung Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL), Selasa (2/7/2019).

Fahrizal menjelaskan anak petani yang berhak mendapatkan beasiswa tersebut nantinya akan memperoleh biaya uang semester dan skripsi dari Pemprov Lampung.

 

“Biaya kuliah dan skripsinya ditanggung Pemprov. Selai itu, nantinya juga akan mendapatkan uang saku,” jelas Fahrizal.

 

Fahrizal menyebutkan bahwa persyaratan untuk mendapatkan beasiswa kuliah tersebut adalah calon penerima memiliki nilai akademis yang baik dan mencukupi.

 

Selain itu, juga memiliki keinginan kuliah di jurusan pertanian.

“Kita lihat dulu nilainya, kedua dia punya kemauan. Misalkan kita kuliahkan di Polinela. Kalau nilainya masuk dan dia mau, tapi terkendala biaya, maka kita bantu,” ujarnya.

 

Soft Launching

Pemprov Lampung telah melakukan rapat koordinasi (rakor) terkait persiapan soft launching program Kartu Petani Berjaya di UBL, hari ini. Rakor dipimpin Pj Sekprov Lampung Fahrizal Darminto.

 

Menurut Fahrizal soft launching Kartu Petani Berjaya akan dilakukan pada Agustus mendatang.

 

“Kita minta nanti (peluncuran Kartu Petani Berjaya) dilakukan serentak di kabupaten/kota dan masing-masing minimal satu kecamatan yang sudah siap,” ujarnya.

 

Fahrizal menyebutkan setelah soft launching, pihaknya masih tetap akan terus melakukan perbaikan-perbaikan supaya petani nantinya benar-benar bisa mendapatkan kemudahan.

Menurut Fahrizal, dengan Kartu Petani Berjaya, para petani akan mendapatkan berbagai kemudahan. Salah satunya memperoleh subsidi pupuk sesuai dengan yang diusulkan.

 

“Jadi setiap tahun petani itu membuat rencana kebutuhan kelompoknya. Nanti diusulkan dan mereka mendapatkan pupuk subsidi sesuai dengan kelompoknya,” jelas Fahrizal. (intern1/Rls)

Related Post

Leave a Reply

linked in share button